04 September 2009

TALUD TENGAH DESA



Desa Kadokan,Desa yang terletak di pinggir Sungai Bengawan Solo ini,merupakan satu diantara desa dampingan kami yang bisa dibilang desa yang tertinggal. karena letaknya yang lumayan jauh dari Jalan Raya Solo – Wonogiri.

Desa yang masih memerlukan banyak sekali Pembangunan di bidang Lingkungan ini,masyarakatnya sangat antusias sewaktu Program PNPM Mandiri Perkotaan ini masuk ke desa mereka tahun 2005 yang lalu. Maka setelah banjir besar di tahun 2007, Desa Kadokan mulai berbenah di bidang Infrastrukturnya.Salah satunya di Dusun Kadokan RT 03 RW III. Dusun tersebut apabila hujan sedikit saja air tidak dapat mengalir, air menggenang dimana – mana.Karena tidak adanya Saluran air atau talud di daerah tersebut, Setelah tergenang akan membuat kubangan besar dan setelah itu meluber ke rumah rumah penduduk yang ada tak jauh dari situ.Membuat Genangan di sekitar rumah warga yang dapat menimbulkan sarang nyamuk dan berpotensi menjadi penyebar nyamuk penyebab demam berdarah.

Maka dengan Bantuan dari PNPM Mandiri Perkotaan ,di BLM ke II Desa Kadokan melalui BKM NGUDI LUHUR melaksanakan Pembuatan Talud dengan panjang 67.10 m, Rencana dari BLM mendapatkan dana sebesar Rp.12.750.000,- dan diharapkan mendapatkan swadaya Rp.3.850.000,-.
Setelah membuat proposal akhirnya dana tersebut cair juga,dimulai di hari minggu semua warga Dusun Kadokan RT 03 RW III mulai melaksanakan pengerjaan Talud tersebut. Dibantu oleh para ibu-ibu yang menyiapkan Konsumsi untuk para bapak – bapak yang sedang bekerja terlihat sekali kerukunan dan Keguyuban di wilayah tersebut.Tak lupa para anak anak yang membantu para bapak bapak meraka.Seluruh warga tumpah ruah mengerjakan pekerjaan tersebut.

Dengan adanya stimulant dana dari bantuan PNPM MP warga Dusun Kadokan RT 03 RW III ini dapat membuat Talud.Talud yang akhirnya dapat mengalirkan air dikala hujan turun atau air dari limbah rumah tangga dari warga sekitar.Talud yang semula dengan kedalaman 1.00 m tetapi pada akhirnya kedalaman talud tersebut menjadi 1.25 m.Ternyata walau di tengah desa yang penduduknya jauh dari kata cukup , tetapi tak membuat swadaya di desa tersebut berupa uang tunai kecil, bahkan swadaya berupa uang tunai di desa tersebut bisa dibilang lebih dari perkiraan.

Akhirnya sekarang warga Dusun Kadokan RT 03 RW III mempunyai Talud impian yang selama ini di idamkan para warga tersebut.Tidak ada lagi genangan di sekitar rumah warga.Tidak ada sarang sarang nyamuk yang memnyebabkan penyakit demam berdarah.
“Talud Tengah Desa” begitu kita banyak menyebutnya.Karena Talud tersebut berada persis di tengah tengah Desa Kadokan.Terima Kasih PNPM Mandiri Perkotaan…

Informasi lebih lanjut hubungi : BKM NGUDI LUHUR
Alamat : Desa Kadokan
Contact Person : Bpk.Ngadiyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar