23 Juni 2009

BA – BAH AMIRKU…. RELAWAN SEJATI


Banmati, Sukoharjo

Pak Amir begitulah dia disapa oleh banyak orang.Suparlan Amirudin nama lengkap beliau. Bertempat tinggal di Kemasan RT 01 / 08 Kelurahan Banmati. Seorang Bapak dengan 3 orang putra putri, dan 2 orang cucu ini masih terlihat gagah walau usianya telah menginjak lebih dari setengah abad.Walau tinggal di Kelurahan Banmati ternyata beliau adalah mantan Lurah Kelurahan Kenep tahun 1997 – 2001.

Sebagai Lurah di Kelurahan Kenep beliau sangat disegani di sana dan bukan hanya disana tetapi juga di Kelurahan Banmati karena hampir semua orang mengenalnya.Sosok bapak dengan kejujuran serta kewibawaannya menambah Kharisma yang ada pada dirinya.Bapak yang berjiwa social tinggi dan tidak mengharapkan imbalan.

Setelah pensiun kegiatan dia sehari hari adalah menjadi aktivis kegiatan – kegiatan social di lingkungan tempat tinggalnya.Sampai tahun 2005 masuklah program P2KP ke kelurahan Banmati,ternyata beliau sangat antusias mendengarnya dan beliau masuk menjadi relawan di dalamnya.Ternyata beliau malah ditunjuk sebagai Koordinator BKM di Kelurahan Banmati.Terbentuklah BKM Manunggal.

Dibawah kepemimpinannya BKM Manunggal berjalan dengan langkah pasti.Dengan sifat Kepemimpinannya yang telah beliau punya sejak menjadi Lurah Di Kelurahan Kenep serta kejujuran tanpa pamrihnya beliau dapat menadi contoh seorang Pemimpin yang disegani dan dihormati juga dipercaya oleh masyarakat luas terutama di Kelurahan Banmati sendiri dan terutama di BKM Manunggal.

Dibawah kepemimpinannya BKM Manunggal punya banyak prestasi selain tingkat pengembalian RR ny tidak pernah di bawah 80 % se Kecamatan Sukoharjo,BKM Manunggal juga menjadi BKM terbaik tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2007 silam.Dengan menjadi BKM terbaik mendapatkan piagam BKM manunggal juga mendapatkan uang Pembinaan senilai Rp.3.000.000,- (dipotong PPn).

Setelah menjadi BKM terbaik BKM Manunggal dikunjungi oleh Bank Dunia tahun 2007 silam.Bank Dunia waktu itu puas melihat Kinerja di BKM Manunggal di Kelurahan Banmati.Tidak salah kalau BKM Manunggal menjadi BKM Terbaik se Propinsi Jawa Tengah.

Walau mungkin ada sedikit kerikil – kerikil Di BKM Manunggal tetapi di bawah kepemimpinannya semua dapat diatasi dan diselesaikan dengan baik.Dengan jiwa tulus ikhlas dan tak kenal lelah juga tak putus semangat BKM Manunggal Kelurahan Banmati masih tetap menjadi BKM terbaik di Kecamatan Sukoharjo ini.

Ditanya dulu apa motivasi Pak Amir terjun ke BKM beliau menjawab “Saya ingin lebih bersosialisasi dengan tenaga dan pikiran saya untuk masyarakat banyak,saya juga ingin banyak beramal di masa tua sayauntuk mendapatkan pahala sebanyak banyaknya tanpa berpikir untuk mendapatkan imbalan,saya benar – benar Relawan Orisinil He..he..he..” begitu kata beliau.

Sampai sekarang Pak Amir masih terlihat lincah dan gesit dalam melaksanakan Program-program yang diadakan oleh PNPM Mandiri Perkotaan,semua kegiatan dibawah koordinasi nya berjalan dengan sukses dan lancar.

Banyak sekali pengalaman pengalaman yang bisa kita dapat dari beliau apabila kita bertemu dan mengobrol dengannya.Dengan senyuman khas memberikan ciri bahwa beliau tak kenal lelah dan tak patah semangat dalam menghadadapi semua persoalan dan tantangan yang ada di dalam hidupnya. Berjiwa social dan berjiwa kepemimpinan juga kejujuran dan tulus ikhlas menjadikannya tetap menjadi Koordinator BKM Manunggal dari tahun 2005 silam sampai sekarang.

Ditanya keinginan apa sekarang yang belum tercapai, beliau dengan tegas menjawab “ Saya ingin segera naik haji”jawab beliau dengan tersipu.Sedang untuk Masyarakat luas beliau ingin lebih membangun system di BKM Manunggal sebaik – baiknya agar terkendali dengan baik dijalan yang benar dan tetap menjadi yang terbaik.

“BA – BAH AMIR” begitulah kita sebagai Tim Faskel memanggilnya.Hampir setiap hari beliau maen ke posko kami,untuk berkonsultasi,bertukar pikiran atau cuma sekedar maen saja.Kita sebagai tim Faskel yang mendampingi Kelurahan Banmati mengagumi Ba – Bah Amir. (Elin Fridayanti)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar