23 Juni 2009

Beda Usahanya, Satu Tujuannya...! (KSM Makmur Ds. Dukuh)

Dengan bidang usaha yang berbeda - beda tetapi mempunyai tujuan yang sama untuk mengembangkan usahanya, para ibu – ibu RT bersama –sama datang Sekretariat BKM sejahtera kelurahan Dukuh Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo untuk meminjam di UPK BKM. Nama lengkapnya adalah Ibu Suciati yang tinggal di RT 03 / 004 kelurahan Dukuh kecamatan Sukoharjo ia sebagai ketua KSM Makmur beranggatakan 15orang. Sebelumnya Ibu Suciati adalah penjahit, ada anggotanya sebagai penarik becak, dagang dan penggajin besek. Kemudian di suatu hari Ibu Suciati dengan anggota yang lain menghadiri pertemuan warga di balai kelurahan Dukuh tentang sosialisasi P2KP dan kebetulan juga tentang Bantuan Langsung Masyarakat

(BLM) untuk Ekonomi yaitu mengenai pinjaman bergulir yang diperuntukkan bagi warga miskin, kemudian dari pertemuan itu Ibu Suciati dan 14 anggota satu RT yang tidak mampu, membentuk suatu Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) dengan nama KSM Makmur dengan besar pinjaman pertama Rp.500.000 per orang sampai sekarang sudah 4 Pinjaman dengan kenaikan untuk pinjaman yang ke 4 menjadi Rp. 700.000 per anggota.

Setelah mendapatkan pinjaman dari P2KP para anggota KSM makmur Mengembangakan usahanya. Ibu suciati dari penjahit menambah usaha memelihara lele, Dimana modal yang didapat adalah dari modal P2KP. Anggota KSM yang lainnya dulu hanya menyewa becak setelah dapat pinjaman dari P2KP dapat membeli Becak. KSM Makmur melakukan pertemuan rutin setiap minggu dimana pertemuan KSM dijadikan satu dengan arisan RT. Setiap pertemuan anggota KSM melakukan penarikan untuk tabungan, dimana tabungan KSM dikelola oleh KSM sendiri. Ibu Suciati Ketua KSM ia sukarela mengumpulkan angsuran tiap bulannya dengan mendatangi setiap anggota KSM-nya untuk membayar angsuran tepat waktu dan kemudian setelah terkumpul semua dia sendiri yang meyetorkan ke UPK BKM Sejahtera keluarah Dukuh kecamatan sukoharjo. (Ariyanti - Faskel MK)


Informasi lebih Lanjut hubungi :


BKM Sejahtera

Ds. Dukuh – Kec. Sukoharjo – Kab. Sukoharjo

Kontak Person : Pak Eka (081329262026)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar