13 Agustus 2009

Profil IKM dan UMKM Kab. Sukoharjo ( bagian-2 habis)

Kerajinan Gamelan terdapat di Desa Wirun dan Laban Kecamatan Mojolaban, jumlah unit usaha 14, menyerap 147 orang tenaga kerja, jumlah produksi perangkat per tahun dengan lama pembuatan 3 bulan tiap perangkatnya. Tujuan ekspor ke eropa.

Kerajinan tatah sungging terdapat di Desa Madegondo, Desa Telukan Wilayah Kecamatan Grogol, Desa Sonorejo Wilayah Kecamatan Sukoharjo. Terdapat 35 unit usaha dengan jumlah tenaga kerja lebih dari 120 orang. Jumlah produksi tiap tahun 3.635 Pcs. Kerajinan tatah sungging ini menghasilkan wayang kulit dan kaligrafi serta hiasan dinding lainnya. Kerajinan tatah sungging telah mampu menembus pasar ekspor ke Arab dan Malaysia.

Keberadaan industri jamu di Sukoharjo terkenal dengan banyaknya pekerja jamu gendong yang bekerja di luar daerah Sukoharjo, misalnya di Jawa Barat, Jakarta bahkan sampai ke luar Jawa.

Di Kabupaten Sukoharjo terdapat 52 unti usaha industri jamu tradisional dengan tenaga kerja 260 orang dengan jumlah produksi 2 juta Pcs per tahunnya.

Industri gitar terdapat di Desa Ngerombo dan Mancasan Kecamatan Baki dengan unit usaha 147, jumlah tenaga kerja 679 orang dan jumlah produksi 5.776 Pcs tiap tahunnya.
(Dade Saripudin/ Sumber : Bappeda Sukoharjo, 2009)

3 komentar:

  1. Assalamaualaikum wr wb
    Kulonuwun Pak PNPM,..
    Nderek tepang,..kawula termasuk masyarakat miskin yg kesasar ke njaban tlatah...
    saya tonggo deso dari sukoharjo,...
    saya wong metesih,..yg pengin nyari kerja,..atau buat usaha sendiri di metesih,...
    wah,..saya cuman pengin kenal saja sama forum PNPM ini,..siapa tahu,..menjaga silaturrahmi itu benar bisa mendatangkan rizki...
    ...
    Maturnuwun

    BalasHapus
  2. Terimakasih....Silaturahmi tetap kami terima dan mudah-mudahan tetap bisa kita jaga. Kayanya untuk meteseh di PNPM Mandiri Perkotaan...Coba deh tanya ke kecamatan setempat...

    Salam

    BalasHapus
  3. PNPM itu seperti NGO atau lsm gitu ,..atau suatu bentuk badan usaha kecil yg mewadahi pemberdayaan ekonomi..???
    kalo yg di metesih,..usahanya di bidang apa saja,.Pak Ya..
    ...
    wah maklum saya sendiri wargo mtesih,...tapi ra tau no ngomah malahan,..Mas..he.he

    Sukses kmawon, Pak..

    siapa tahu suatu saat saya bisa minta bantuan,..konsultasi penanganan ,..atau perintisan usaha mandiri

    BalasHapus