22 Oktober 2010

Berkat Jalan Beton Semuanya Bisa Menikmati...

Dukuh Jetis merupakan bagian dari Desa Jetis, Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Mata pencaharian warga dukuh ini selain bertani, juga ada yang berdagang dan wiraswasta. Lokasi dukuh Jetis agak jauh dengan dukuh-dukuh lainnya. Terpisah oleh lahan pertanian yang luas. Selain itu juga berbatasan dengan Desa Menuran.

Warga di tepi sawah yang berbatasan langsung dengan desa Menuran juga bermata pencaharian sebagai penghasil batu bata. Warga terkadang mengeluh karena jalan yang ada masih berupa jalan dari tanah. Merasa sangat membutuhkan jalan yang tertata rapi dan kuat, sehingga akses untuk kegiatan perekonomian mereka dapat berjalan lancar. Apalagi di daerah ini juga terdapat sebuah sekolah yaitu SMPN 2 Baki yang kebanyakan muridnya juga berasal dari warga dukuh Jetis maupun dukuh lain yang juga masih sulit akses ke ibukota kecamatan.

Karena latar belakang tersebut, ketua RT dan masyarakatnya berinisiatif membentuk KSM ( Kelompok Swadya Masyarakat ) yang akan mengajukan dana untuk memperbaiki jalan tersebut.

Akhirnya warga Dukuh Jetis membentuk Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KSM) yang diketuai oleh Bp. Sumardi selaku ketua RT 2 RW XI yang beranggotakan 11 orang. Nama KSM itu adalah MANUNGGAL. Kemudian KSM Manunggal ini mengajukan bantuan kepada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan ( PNPM-MP ) melalui Badan Keswadayaan Mayarakat ( BKM ) Suka Maju yang dikoordinatori oleh Bp. Sarjono (2009-2012).

Setelah menunggu waktu yang cukup lama akhirnya dana dari Program PNPM-MP tahun 2009 tahap II dapat diterima oleh warga Dukuh Jetis. Dengan semangat gotong – royong dan kebersamaan yang kuat warga Jetis bersama-sama bahu membahu membangun Jalan Beton yang menjadi harapan warga selama ini.

Seorang warga bercerita bahwa sebelum ada PNPM – MP masuk ke Desa Jetis, dukuh Jetis sangat sulit untuk memperoleh bantuan untuk membangun sarana prasarana terutama jalan tersebut.

Warga dukuh Jetis sangat senang dengan adanya PNPM – MP ini. Sebagai wujud syukurnya Ketua RT dan warga dukuh Jetis menerima dan melaksanakan dana yang diberikan dengan sebaik – baiknya. Selain semangat gotong – royong yang tinggi, warga dukuh Jetis juga bersemangat untuk mengeluarkan swadaya lain sesuai kemampunannya. Warga juga mencari tambahan dana dari para pemilik sawah di sekitar jalan tersebut karena mereka juga ikut menikmati hasil pembangunan jalan tersebut.

Akhirnya dengan kerjasama dan gotong-royong yang kuat antar warga pembangunan Jalan Beton dengan Volume ( 224 x 2.6 x 0,1 ) M dari rencana Volume ( 287,5 x 2 x 0,1 ) M yang menghabiskan dana total Rp. 24.458.000,00 dari BLM dapat terselesaikan. Dana tersebut terdiri dari dana BLM PNPM-MP yang bersumber dari APBD: Rp. 20.000.000 dan didukung Swadaya mayarakat sebesar Rp. 4.458.000,00.

Kini warga Jetis dapat memanfaatkan jalan yang telah dibangun oleh KSM Manunggal. Dari penjelasan ketua KSMnya, mereka sebenarnya masih punya cita-cita untuk melanjutkan pembangunan Talud di tepi jalan ini, agar jalan beton yang dibangun dapat bertahan lama. Namun mengingat jalan ini masih belum semuanya terdanai mereka cukup sabar menunggu hingga ada bantuan lain atau bantuan non PNPM-MP lainnya nanti.

Warga telah merasakan manfaat yang besar dari pembangunan jalan beton ini.
Pertama, pembangunan Jalan Beton ini dapat dinikmati oleh warga Jetis Rt 02/XI dan murid-murid SMPN 2 Baki pada khususnya serta warga Jetis pada umumnya.
Kedua, Dengan dibangunnya Jalan Beton ini warga Jetis dapat menunjukaan semangat gotong – royongnya baik tenaga maupun matrial dengan harapan agar bila mengajukan bantuan ke pihak manapun dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.
Ketiga, Warga Jetis mengetahui lebih lanjut mengenai program Pemerintah dengan PNPM–MP nya.
Dengan tewujudnya pembangunan Jalan Beton ini KSM Manunggal dan seluruh warga Jetis RT 02/XI mengucapkan banyak terima kasih kepada PNPM-MP dan BKM Suka Maju desa Jetis. Semoga PNPM-MP dan BKM Suka Maju semakin dekat dengan masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan masyarakat umum lainnya. (Penulis : Aan Kurnia Martha, ST, Faskel Teknik Korkot Kab. Sukoharjo KMW-5 Jateng)

Informasi lebih lanjut tentang kegiatan BKM Suka Maju dapat menghubungi :

1. BKM SUKA MAJU
Sarjono
Alamat : Dukuh Kwagean, RT 02 RW VI, Desa Jetis, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo
HP: 0857 2560 6890

2. KSM MANUNGGAL
Sumardi
Alamat : Dukuh Jetis RT 02/XI desa Jetis, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar