24 Juni 2009

Budi Samsidi, Relawan : Berjuang di Jalan P2KP

Berjuang tidak harus memanggul senjata tetapi kepedulian kerelawanan kita juga berharga di era saat ini dalam menanggulangi kemiskinan.

Nama Lengkapnya Budi Samsidi, Biasanya di panggil pak Budi. Lahir di Sukoharjo 15 Juni 1945. Usianya kini genap 63 tahun. Pendidikan terakhirnya Sarjana Pendikan. Bapak 1 puteri 2 putera masih sehat dan giat melakukan kegiatan bertani dan beternak ikan Semenjak pensiun dari guru STM Negeri 2 Surakarta.

Semangatnya terjun kemasyarakat tidak sebentar, Sebelum menjadi relawan di P2KP pak Budi sudah menjadi relawan di desanya sebagai Ketua RT sejak tahun 1988 waktu 20 tahun bukanlah waktu yang singkat.

Saat kali pertama P2KP masuk di desanya tepatnya Maret 2007 pak Budi langsung mendaftarkan diri sebagai Relawan. Pak Budi mengikuti program P2KP dari tahap awal yaitu sosialisasi sampai BLM turun. Sebelum menjadi kkordinator BKM pak Budi terpilih menjadi koordinator relawan. “ Dulu saya tidak begitu paham dengan P2KP terlalu rumit dan proesnya cukup panjang, tapi setelah tahap demi tahapan saya ikuti semua terasa nyaman saja, kan ada pelatihan- pelatihan yang harus diikuti. Memang banyak relawan yang akhirnya tidak meneruskan perjuangannya karena mereka tidak sabar saja ” tutur pak Budi. Tujuan pak Budi bergabung di P2KP menjadi relawan adalah memajukan masyarakat di desanya. Biar Masyarakat di wilayah desa saja bisa memecahkan masalahnya khususnya masyarakat desa saya yang kurang beruntung nasibnya.

Tidak sedikit kendala yang ditemui saat menjadi relawan, pro dan kontra juga sering ditemui. Tapi sebagai BKM pak Budi dan anggota BKM yang lain terus berjuang. “ yang penting kita tidak keluar jalur dari aturan-aturan yang ditentukan oleh P2KP dan selalu transparan dan mufakat dalam musyawarah serta bertanggung jawab, sehingga semua berjalan tepat waktu dan yang penting selalu koordinasi dengan fasilitator dan Pemdes” papar pak Budi.

BKM di desa Baki Pandeyan dibari nama BKM AMANAH yang berarti dapat dipercaya. BKM Amanah terdiri dari 13 anggota BKM, 2 Sekretaris dan masing – masing UP ada 2 orang. Meski ada UP, anggota BKM juga tahu persis kegiatan dilapangan meski dari 13 orang, anggota yang aktif 5 orang. “Setiap sebulan sekali kami mengadakan pertemuan tapi bila banyak agenda yang harus diselesaikan pertemuan di BKM kami bisa lebih dari 1 kali pertemuan” tuturnya.

BKM AMANAH sudah mendapatkan BLM tahap pertama semua berjalan dengan lancar, proposal dan LPJ bisa selesai tepat waktu. Ada 17 kegiatan lingkungan dan 1kegiatan sosial. Untuk tahap ke 2 ini kegiatannya meliputi tridaya dari lingkungan, ekonomi dan sosial. Kegiatan ekonomi baru ada di tahap ke 2 ini. Awalnya hampir tak ada KSM yang minat dengan alasan peraturannya telalu rumit, sistem tanggung renteng. UPK merasa kewalahan untuk mensosialisasikan. Pak Budi mengumpulkan BKM dan UP nya, mereka berembuk dan akhirnya mereka menyadari bahwa kurang mensosialisasikan. Akhirnya pak Budi melopori anggota yang lain untuk melakukan sosialisasi lagi ke semua masyarakat. Pak Budi juga masuk ke pertemuan ibu – ibu di PKK tiap RT. Perjuangan tersebut membuahkan hasil yang mana kegiatan Ekonomi mendapatkan KSM yang memenuhi syarat..

Tidak hanya kegiatan ekonomi yang mendapat perhatian dari BKM, Pak Budi dan rekan BKM nya meneliti ulang ke lapangan kegiatan-kegiatan KSM lingkungan dan untuk kegiatan sosial, BKM juga memperhatikan siapa saja yang masuk menjadi pemanfaatnya sudah sesuai dengan PS 2.

Pak Budi memiliki prinsip kapan lagi menolong warga miskin di desanya kalau tidak sekarang. Bila mengingat usia memang tidak muda lagi dibanding dengan anggota BKM yang lain tapi semangatnya untuk membantu sesamanya yang kekurangan. Penanggulangan kemiskinan seharuskan dilakukan oleh masyarakat secara bersama-sama. Tidak peduli tua dan muda. Terpenting semua ikhlas untuk melakukannya supaya apa yang dilakukan itu juga diterima dengan tangan terbuka oleh orang lain,” ujarnya, mantap

Kejujuran akan membuahkan hasil yang besar. Hal itu yang dirasakan Badan Keswadaayan Masyarakat (BKM) Desa Baki Pandeyan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Semoga BKM Amanah dapat menjalankan proses P2KP ini sesuai dengan namanya ” AMANAH” dapat dipercaya untuk mengelola BLM.

(Farida Astria Rahma –

Fasilitator CD Korkot Sukoharjo KMW XIV PNPM MANDIRI PERKOTAAN)

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:

BKM Amanah

Alamat : Desa Baki Pandeyan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo,

Jawa Tengahè Tlp. 0271-624792

Contact Person : Bayu è 085642011131

Tidak ada komentar:

Posting Komentar