23 Juni 2009

Makin Tua Makin Menjadi (Pak Manto, Ketua KSM Rejeki Lancar)

Dengan wajah yang sudah berkeriput sambil membawa sepeda tuanya beserta beronjong berisi sayur mayur ia mendatangi rumah Sekretaris BKM Barokah Wuri Sri Harjani kelurahan Kenep Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo dengan membawa sujumlah uang untuk membayar angsuran. Nama lengkapnya adalah Pak Tukiman Manto Wiarjo umurnya 68 tahun dan tinggal bersama istri, anak dan cucunya di desa Soko RT 003/ 007 kelurahan kenep kecamatan Sukoharjo ia sebagai ketua KSM Rejeki Lancar beranggatakan 5 orang.

Sebelumnya pak Manto adalah seorang buruh serabutan dan mempunyai ladang kosong yang tidak terawat, yang hanya ditumbuhi rumput-rumput liar karena tidak mempunyai uang untuk mengolah ladang kosongnya, sehingga ladangnya dibiarkan saja ditumbuhi rumput-rumput liar yang sangat subur. Kemudian di suatu hari Pak Manto menghadiri pertemuan warga di balai kelurahan Kenep tentang sosialisasi P2KP dan kebetulan juga tentang Bantuan Langsung Masyarakat ( BLM ) untuk Ekonomi yaitu mengenai pinjaman bergulir yang diperuntukkan bagi warga miskin, kemudian dari pertemuan itu Pak Manto bersama 4 orang warga satu RT yang tidak mampu, membentuk suatu Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) dengan nama KSM Rejeki Makmur dengan besar pinjaman pertama Rp.500.000 per orang sampai sekarang sudah 3 Pinjaman.

Keesok harinya Pak Manto bersama keluarganya membersihkan dan mengolah ladang kosongnya sehingga tanahnya siap untuk ditanami Palawija dan sayur-mayur, setelah membeli bibit dan menanamnya 3 bulan kemudian Palawija dan sayur-mayur yang ditanamnya sudah siap untuk dipanen dan dijual kepasar dari hasil menanam palawija dan sayur-mayur itulah penghasilan tambahan telah didapatkan pak Manto tiap bulannya. Karena dari hasil ladangnya yang dulu dibiarkan kosong dan hanya ditumbuhi rumput-rumput liar sekarang sudah berhasil dan berubah menjadi ladang yang produktif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya karena pendapatannya bertambah selain itu juga meningkatkan kesehatan keluarganya karena selalu mengkonsumsi makanan sehat dari hasil ladangnya sendiri. Selain itu sebagian dari hasil ladangnya digunakan istrinya untuk berdagang makanan sehari-hari seperti Pecel, bubur dan gorengan.

Sebagai Ketua KSM, Pak Manto juga merupakan orang yang bertanggung jawab, ia sukarela mengumpulkan angsuran tiap bulannya dengan mendatangi setiap anggota KSM-nya untuk membayar angsuran tepat waktu dan kemudian setelah terkumpul semua dia sendiri yang meyetorkan ke UPK BKM Barokah. Disuatu hari dengan tenaganya yang sudah renta ia tetap bersemangat mengaluh sepedanya menuju rumah sekretariat BKM Barokah untuk menyetorkan angsuran pinjamannya dengan wajah berseri ia membawa Seikat kacang panjang dan sayur-sayuran untuk diberikan kepada Sekretaris BKM Barokah Wuri Sri Hanjani sebagai wujud syukur karena pinjaman dari P2KP telah bisa membuat landang kosongnya menjadi sumber uang sampai dengan sekarang. Dari cerita tadi dapat diambil pelajaran bahwa dengan semakin tua usia, Pak manto tetap bersemangat menjalani kehidupan untuk berbuat baik untuk keluarga dan masyarakat. (Sussi - Faskel MK Sukoharjo)


INFORMASI LEBIH LENGKAP HUBUNGI :

BKM BAROKAH

Alamat : Kelurahan Kenep, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Contact Person : Wuri Sri Hanjani ( 081329442757 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar