29 Juli 2009

BLM TAHAP 1 TAHUN 2009 CAIR

Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM Mandiri Perkotaan tahap 1 di tahun 2009 sebesar 2,460 M sudah cair ke rekening 43 BKM di Kabupaten Sukoharjo pada minggu ketiga bulan Juli ini. Hal tersebut ditandai dengan turunnya SP2D yang diterbitkan oleh KPPN Suratkarta tanggal 22 Juli 2009 dan informasi warkat dari Bank Jateng Cabang Sukoharjo tertanggal 23 Juli 2009.

Dana tersebut merupakan cair tahap 1 sekitar 30% dari total pagu anggaran yang telah ditetapkan oleh pusat. Keempat puluh tiga BKM tersebut untuk BKM yang berlokasi di Kecamatan Mojolaban, Gatak dan Baki.

Setiap BKM mendapatkan dana BLM bervariasi tergantung dari pagu dana dari masing-masing kelurahan. Desa yang berkategori kecil, tahap 1 mendapatkan dana 45 juta/kelurahan, desa yang berkategori sedang tahap ini mendapatkan dana 60 juta/kelurahan dan desa yang berkategori besar tahap ini mendapatkan dana 105 juta/kel.

Sementara itu, untuk 40 BKM yang berlokasi di Kecamatan Sukoharjo, Kartosuro dan Grogol pada bulan Juni 2009 telah cair dana tahap ketiga sebesar Rp. 1,710 M.

Terkait dengan telah cairnya dana BLM ke rekening BKM, maka diharapkan ke seluruh BKM untuk bisa memohon rekomendasi pencairan dana dengan membawa foto copi proposal sosial, ekonomi dan lingkungan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya bulan Ramadhan yang seringkali kegiatan, khususnya fisik terhambat. Selain itu pada tahun 2009 dana BLM harus bisa dicairkan dua termin lagi.

Oleh karena itu diharapkan peran serta KSM, BKM dan Pemerintah daerah untuk bisa mensikapi dan merencanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Dade Saripudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar