11 Agustus 2010

Mbah Sukiyem “Sang SpiderWoman” Pemanjat Mlinjo


Unik dan Menarik - Joho, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, adalah salah satu penerima PNPM-MP (Program Nasioanal Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perkotaan). Ada 3 macam kegiatan PNPM-MP yang ada di Joho, yaitu bidang lingkungan, ekonomi dan social.
Kegiatan lingkungan meliputi, pembangunan dan perbaikan saluran air, jalan, talud dan gorong-gorong. Untuk kegiatan ekonomi ada pinjaman bergulir bagi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Sedangkan untuk sosial terdapat kegiatan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi balita, beasiswa anak sekolah kurang mampu dan santunan bagi warga miskin.
Untuk kegiatan ekonomi (pinjaman bergulir), terdapat salah satu KSM dari binaan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Mekar Makmur, Desa Joho,yang bernama Kamboja 3, yang beralamat di Rt. 04 Rw. IX - Desa Joho. KSM tersebut beranggotakan 6 orang, dan telah mengajukan pinjaman bergulir untuk putaran yang kedua.
Ada salah satu anggota yang unik dari KSM tersebut, yang bernama Mbah Sukiyem. Umurnya 76 tahun. Ia telah mempunyai 9 anak, dan 8 cucu.
Mbah Sukiyem hidup bersama suaminya yang bernama Mbah Sarto. Mbah Sukiyem bekerja sebagai pencari buah melinjo. Mula-mula hal tersebut, ia lakukan hanya ketika membutuhkan melinjo untuk memasak. Namun, semenjak suaminya, sering sakit-sakitan, hal tersebut menjadi sebuah mata pencarian tetap bagi Mbah Sukiyem.
“Saya mengajukan pinjaman uang, untuk membeli beras.” Kata Mbah Sukiyem, ketika dikunjungi teman-teman Askot (Asisten Kota) Kabupaten Sukoharjo dan Faskel (Fasilitator Kelurahan) Tim 30 Kecamatan Mojolaban.
“Jadi ketika saya pergi untuk mencari buah melinjo, saya tidak kawatir meninggalkan bapak, karena ada beras di rumah,” tambahnya.
Sungguh unik pekerjaan perempuan tua ini. Dalam usianya yang ke 76 tahun, ia masih sanggup untuk memanjat pohon melinjo. Bayangkan saja tinggi pohon melinjo, 5 hingga 10 meter-an . Bahkan dalam sehari bisa 2 sampai 3 pohon yang ia panjat. Ckckck… (Twedi – SF PNPM MP Kec. Mojolaban)

1 komentar:

  1. Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka goib KI SAMJOYO telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama KI SAMJOYO 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 85 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih KI SAMJOYO jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergbung dengan KI SAMJOYO DI (082 344 448 268)




    Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka goib KI SAMJOYO telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama KI SAMJOYO 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 85 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih KI SAMJOYO jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergbung dengan KI SAMJOYO DI (082 344 448 268)


    """""""""""?

    BalasHapus