12 Agustus 2010

Sosialisasi PAket Tahap III

Empat Belas BKM dari 83 BKM PNPM MP Kabupaten Sukoharjo dinilai layak untuk bersaing dalam penilaian Paket Tahap III tahun 2010. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan sosialisasi Paket Tahap III Kabupaten Sukoharjo yang dilaksanakan di Aula DPU (10/8)baru-baru ini.

Keempat belas BKM tersebut adalah Kwarasan (Grogol), Wirogunan, Gumpang (Kartasura), Begajah, Bulakan (Kartasura), Mayang, Kagokan, Wironanggan, Trosemi, Transang, Geneng (Gatak), Bentakan, Kudu (Baki) dan Joho (Mojolaban).

Menurut Sarwidi ST Selaku Koordinator Pokja Paket Sukoharjo mengatakan keempat belas BKM tersebut setidaknya sudah lolos dari seleksi administrasi baik itu RR diatas 90%, Prapoposal sudah menyerahkan dan Pelaksanaan Paket Tahap sebelumnya.

"Namun demikian, dari ke 14 BKM tersebut masih dimungkinkan ada penyaringan kembali, karena BKM-BKM tersebut masih harus lolos dalam seleksi Cek Kondisi Lapangan dan Evaluasi Kegiatan PAket sebelumnya", Ungkapnya.

Cek Kondisi lapangan yang akan dinilai meliputi urgensi usulan kegiatan terkait dengan kegawatan dan kemendesakan, lokasi usulan berada di wilayah yang banyak warga miskinnya, keseriusan warga dalam menggalang tingkat keswadayaan, dan kegiatan yang lintas wilayah.

Sementara itu Evaluasi kegiatan PAket sebelumnya yang akan dinilai meliputi aspek kualitas pembangunan, kegiatan berkembang melebihi rencana, realisasi swadaya, hasil kegiatan bermanfaat bagi warga miskin.

Dalam kegiatan sosialisasi Paket Tahap III dihadiri oleh BKM se Kabupaten Sukoharjo, FKA BKM Kecamatan, FKA BKM Kabupaten, KBP,Pokja, Dinas Terkait, Tim Faskel, FMK dan Korkot PNPM dan P2KP Advance.

satu Hal yang cukup menarik dari sosialisasi ini adalah dari 14 BKM yang layak mendapatkan Paket, terdapat 3 BKM yang belum pernah mendapatkan Paket sebelumnya. Ketiga BKM tersebut adalah BKM Desa Bulakan, Gumpang dan Begajah. Namun sayangnya ketika BKM BKM yang belum pernah mendapatkan PAket bergelut memperbaiki kinerjanya, DDUB Paket Yang disediakan oleh Pemda baru sekitar Rp. 510 juta.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan materi pemahaman tentang paket yang dibawakan oleh Asisten Infrastruktu P2KP Advance Kab. Sukoharjo. (Dade Saripudin, Askot CD PNPM MP Kab. Sukoharjo, OC-5 Jateng dan DIY)

2 komentar:

  1. 14 desa ini merupakan desa usulan kompetisi baru to pak? untuk desa sebelumnya yang masih baik RR-nya apa dah ga bisa meraih paket lagi?

    BalasHapus
  2. desa yang sebelumnya masih dimungkinkan, namun tolong di cek terlebih dahulu apakah pekerjaan sebelumnya sudah rampung atau belum. Misal LPJ ? Audit atau Pra Proposal..

    Namun demikian jangan putus asa, masih ada kesempatan berikutnya, karena pemda berupaya untuk menutupi kekurangan DDUB Paket di tahun 2011. Mudah2n pusat pun demikian. Karena pusat dan daerah sama-sama keterbatasan anggaran.

    Doakan saja

    BalasHapus